Beranda » Uncategorized » Tujuan Evaluasi Kerja

Tujuan Evaluasi Kerja

T Diposting oleh pada 17 February 2022
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 278 kali

Sobat SBKI, Menurut Siswanto (2001:35) penilaian kinerja adalah: ”suatu kegiatan yang dilakukan oleh Manajemen/penyelia penilai untuk menilai kinerja tenaga kerja dengan cara membandingkan kinerja atas kinerja dengan uraian / deskripsi pekerjaan dalam suatu periode tertentu biasanya setiap akhir tahun.”

Atau dapat disimpulkan bahwa evaluasi kinerja adalah penilaian yang dilakukan secara sistematis untuk mengetahui hasil pekerjaan karyawan dan kinerja organisasi. Disamping itu, juga untuk menentukan kebutuhan pelatihan karyawan secara tepat, memberikan tanggung jawab yang sesuai kepada karyawan sehingga dapat melaksanakan pekerjaan yang lebih baik di masa mendatang dan sebagai dasar untuk menentukan kebijakan dalam hal promosi jabatan atau penentuan imbalan.

Ada beberapa alasan mengapa perusahaan perlu mengadakan evaluasi kinerja karyawan. Namun, manfaat utamanya adalah untuk menciptakan sistem penilaian dan penghargaan yang efektif bagi karyawan suatu perusahaan.

Sebuah evaluasi kerja yang efektif  jika berisikan masukan positif serta poin-poin yang perlu diperbaiki oleh karyawan. Dengan begitu, para karyawan dapat mengenali keunggulan yang dapat dipertahankan dan ditingkatkan serta kelemahan yang harus diperbaiki.

Tujuan evaluasi kinerja adalah :

  1. Memberikan penghargaan bagi karyawan dengan kinerja yang baik

Evaluasi kinerja karyawan adalah momen bagi para manajer untuk mengukur kinerja individu maupun kelompok selama jangka waktu tertentu. Dari sinilah ditentukan siapa saja karyawan terbaik dan kompensasi apa yang akan diberikan.

Bagi karyawan, penghargaan dari perusahaan dapat meningkatkan kepuasan dan semangat kerja. Karyawan yang bahagia dan bersemangat sehingga meningkatkan produktivitas kerja yang memberikan keuntungan bagi perusahaan.

2. Mengetahui aspek yang harus diperbaiki

Selain menunjukkan keunggulan, evaluasi kinerja juga menunjukkan berbagai aspek yang harus diperbaiki oleh karyawan agar bisa bekerja dengan efektif. .

Contohnya, karyawan bisa membahas berbagai kesulitan terkait pekerjaan selama evaluasi kinerja. Jika seorang karyawan memiliki skill yang kurang, maka ini adalah kesempatan yang tepat untuk mengikutsertakan dalam pelatihan kerja

3. Melindungi perusahaan secara hukum

Perusahaan berhak memutus hubungan kerja bila karyawan melakukan kesalahan yang amat fatal, tidak mampu memenuhi kewajiban, atau memiliki masalah lain yang berpengaruh terhadap perusahaan.

Hasil evaluasi kinerja selalu disimpan dalam sebuah dokumen. Dokumen ini merupakan bentuk antisipasi terhadap mantan karyawan yang datang untuk menggugat perusahaan. Mereka mungkin adalah orang-orang yang diputus hubungan kerjanya karena alasan tertentu.

Sobat SBKI, untuk informasi training kami lebih lanjut bisa langsung menghubungi kami di wa.me/6281297131551
selanjutnya follow me @trainingsbki

Belum ada Komentar untuk Tujuan Evaluasi Kerja

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published.

*

a Artikel Terkait Tujuan Evaluasi Kerja

Pelatihan Motivasi Karyawan

T 25 February 2022 F A admin_sbki

Sobat SBKI, Pelatihan motivasi karyawan di sebuah perusahaan sangat penting. Jika Anda seorang atasan, anda harus selalu berusaha memotivasi karyawan anda bisa dengan mengikutkan seminar motivasi dan lain-lain . Selain meningkatkan kerja sama tim, karyawan yang termotivasi akan membantu Anda meraih profit yang... Selengkapnya

Pentingnya Mendapatkan Sertifikasi Profesi

T 4 February 2022 F A admin_sbki

Sertifikasi profesi bertujuan untuk memastikan kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja. Sertifikasi biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi yang mengetahui dengan pasti suatu kompetensi profesional dalam bidang tertentu. Sertifikasi yang diberikan organisasi atau asosiasi... Selengkapnya

Bagaimana Menjual Produk dengan tulisan!

T 1 February 2022 F A admin_sbki

Apa Itu Copywriting? Copywriting adalah teknik penulisan yang bertujuan untuk mengajak pembaca melakukan sesuatu. Contohnya, jika Anda sedang ingin meningkatkan penjualan, Anda bisa menggunakan copywriting untuk mengajak calon konsumen mengklik tombol “beli”. Awalnya, copywriting hanya digunakan dalam pembuatan advertorial, sales letter,... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

WhatsApp chat