Beranda » Uncategorized » Skill dan Keahlian Profesi Purchasing

Skill dan Keahlian Profesi Purchasing

T Diposting oleh pada 6 December 2021
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 85 kali

Sobat SBKI. Pada artikel kali ini kita akan membahas terkait dengan Skill dan Keahlian Profesi Purchasing.
Berikut adalah listnya:

1. Komunikasi yang baik.
Berdasarkan proses yang telah disebutkan, staff purchasing harus berkomunikasi dengan departemen-departemen lain dalam perusahaan seperti bagian keuangan & logistik. Tidak hanya itu, bagian purchasing juga harus mengetahui kebutuhan semua departemen, serta menjaga hubungan baik dengan vendor & supplier. Jadi keahlian dalam berkomunikasi sangat penting untuk staff purchasing.

2. Negosiasi dengan vendor & supplier. 
Ketika menerima penawaran dari vendor & supplier, tentunya perusahaan akan harus mengeluarkan dana untuk membayar produk / jasa yang diperlukan. Staff purchasing yang mumpuni akan mampu memperkecil dana yang harus dikeluarkan oleh perusahaan, karena ini akan menguntungkan perusahaan kan? Ini sangat dicari oleh perusahaan!!!

3. Memiliki network vendor, supplier, service company & freelancer. 
Sebagai perusahaan, kebutuhan setiap divisi di dalamnya itu benar-benar bisa sangat variatif. Dimana bisa saja Anda diminta untuk mencari jasa fotografer, atau jasa catering makanan, event organizer, bahkan sampai penulis lepas! Ada baiknya Anda memiliki koneksi atau jaringan dengan individual atau perusahaan penyedia barang dan jasa tersebut. Ketika diminta, anda sudah siap!

4. Pencatatan & Dokumentasi Terorganisir. 
Karena banyaknya proses pengadaan barang & jasa yang akan dilakukan oleh staff purchasing, maka pencatatan dan dokumentasi sangat penting untuk dilakukan. Masalahnya, tidak semua orang bisa melakukan dokumentasi yang baik dan terorganisir. Seringkali justru dokumentasi ini malah berantakan dan tidak rapi. Ini akan menyulitkan berbagai pihak seperti bagian keuangan dan akuntansi di masa depan bila tidak dilakukan dengan baik.

5. Keahlian dalam Microsoft Office & komputer.
Memang sangat sederhana, tapi ini sangat penting karena akan ada banyak sekali pencatatan, pembuatan PO, tracking pengiriman, dokumentasi pembelian, dan sebagianya. Hal ini akan sangat membantu finance dan manajemen untuk merekap pengeluaran perusahaan kedepannya.

6. Paham perpajakan. 
Ketika membeli barang, tentunya akan ada pajak yang harus dibayarkan. Pajak yang dibayarkan kepada CV & PT bisa saja berbeda, dan pajak yang dikenakan kepada jasa dan barang juga bisa berbeda. Sehingga pengetahua⁷n tentang perpajakan akan membantu staff purchasing untuk mengerti berapa harga yang harus dibayar, kemana, dan kapan harus dibayar. Ini keahlian yang sangat dicari terutama ketika kita bicara skill dari staff purchasing.

Nah, jika sobat ingin mendalami skill ini, yuk ikut dan daftarkan diri anda dalam pelatihan sertifikasi yang kita selenggatakan setiap bulannya.
wa.me/6281297131551

Belum ada Komentar untuk Skill dan Keahlian Profesi Purchasing

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Skill dan Keahlian Profesi Purchasing

Pentingnya Implementasi Cobit Bagi Perusahaan IT

T 8 December 2021 F A admin_sbki

COBIT 5 adalah – Teknologi Informasi dapat membantu membuat keputusan pada tingkatan manajerial, akan tetapi penerapan Teknologi Informasi membutuhkan biaya yang cukup besar dengan resiko kegagalan yang tidak kecil. Untuk membuat penerapan Teknologi Informasi di dalam perusahaan dapat digunakan secara maksimal, maka... Selengkapnya

Manfaat Sertifikasi Profesi

T 5 December 2021 F A admin_sbki

Sobat SBKI, Sertifikasi profesi itu bertujuan untuk memastikan kompetensi yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja. Sertifikasi profesi bertujuan untuk memastikan kompetensi yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja. Sertifikasi biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi... Selengkapnya

Manfaat Microsoft Certified dan Tingkatannya

T 14 December 2021 F A admin_sbki

Sobat SBKI. Setelah mendapatkan sertifikasi, 23% ahli teknologi bersertifikasi Microsoft melaporkan menerima kenaikan gaji hingga 20%. Terlebih lagi, jika anda berprofesi sebagai tenaga pendidik, Project Manager dalainnya. Dengan adanya keahlian khusus yang anda dapatkan dari Microsoft ini, anda secara tidak... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi Marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.

WhatsApp chat